Sarungan, Pondok Pesantren MMU Gelar Upacara Bendera HUT RI ke 74

Pondok Pesantren Miftahul Ulum (MMU) menggelar upacara bendera dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke 74 di halaman Pondok Pesantren Desa Lepelle, Kecamatan Robatal, Sampang, Madura, Jawa Timur, Sabtu (17/08/2019).

Acara yang diikuti oleh seluruh santri dari berbagai tingkatan itu berlangsung hikmat, lancar seperti yang direncanakan oleh panitia. Terlihat para santri mengenakan sarung dan kopyah dalam upacara tersebut.


KH. Ali Mustaqim yang menjadi pembina upacara pada saat itu mengajak para santri meneladani para pejuang kemerdekaan terutama peran para ulama yang menjadi ruh para lejuang saat itu. “Kita sebagai santri harus memahami makna kemerdekaan yang saat itu dipelopori oleh para kiai,”terang dia.

Dia juga mengajak kepada semua santri MMU dan alumni untuk menjadi bagian dari pemersatu bangsa dengan menjaga keutuhan bangsa Indonesia yang sangat majemuk dan beragam. Menjaga toleransi dan sama sama membangun indvidu menjadi manusi yang unggul.

“Kita harus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, kita menyadari bahwa kita adalah bangsa yang majemuk dan beragam, banyak budaya dan disitulah yang menjadikan kita beda dengan negara lain,” katanya.

Meski demikian, dia mengajak para santri tetap menjaga identitas kesantriannya di tengah gempuran peradaban barat yang semakin tidak terkendali. “Kita tetap menjaga nasionalisme kita, tetapi kita harus menjaga identitas kesantrian kita,”pungkasnya. (redaksi)

Sumber: Pojok Suramadu

Komentar